diposkan pada : 17-09-2019 20:57:46 Sudah Sehatkah Kita ?

SUDAH SEHATKAH KITA ?

Bicara tentang kesehatan masyarakat Indonesia, hal yang paling sering dibicarakan saat ini adaalah mengenai bpjs.. Badan Penyelenggara jaminan Sosial disingkat BPJS. Didalamnya ada produk untuk semua kalangan masyarakat, yaitu BPJS kesehatan. Program yang memiliki konsep yang ideal, namun dalam penerapannya menuai banyak kontroversial..

Biaya berobat yang sebagian ditanggung oleh pemerintah, bahkan ada yang sepenuhnya gratis. Mengapa pemerintah harus berkutat dipengobatan, mengapa pemerintah tidak konsen saja melakukan pencegahan?? Semakin dijamin biaya pengobatan, malah semakin banyak orang yang berobat..

Ada yang salah dalam pola pikir manusia saat ini.

Manusia jaman sekarang sudah mulai lupa dengan prinsip 4 sehat 5 sempurna.. bahkan mungkin anak-anak SD yang seharusnya sudah tahu apa itu 4 sehat 5 sempurna, jika kita tanyakan pada mereka, mungkin mereka akan bingung menjawabnya, karena anak-anak sekarang lebih mengenal makanan instan, makanan cepat saji, jajanan-jajanan murah disekolahannya.

Sudah jarang anak-anak membawa bekal sehat dari rumahnya, rata-rata mereka hanya dibekali uang oleh orangtuanya, yang mana uang tersebut bisa berubah menjadi cilok pakai borak, es berpewarna, cireng berformalin, gorengan dengan plastik, dan masih banyak lagi jajanan-jajanan yang belum bisa dipertanggungjawabkan kandungan-kandungan didalamnya..

Masyarakat kini tak peduli lagi dengan kesehatannya, tak peduli apa-apa saja yang masuk kedalam pencernaannya, tak peduli dengan kandungan-kandungan yang ada didalamnya, bahkan sudah tak pedulikan kehalalnya. Apa ini karena pemerintah memberikan pengobatan gratis? jadi kalaupun memakan makanan yang tidak sehat, lalu jatuh sakit, kita akan berfikir, ”kan sekarang ada BPJS, berobat ke RS gratis’

Bukankah mencegah lebih baik darpada mengobati? 

Maka pemerintah jangan hanya konsen untuk memberikan pengobatan gratis kepada masyarakat yang sakit, tapi juga harus konsen untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan dirinya dan keluarganya.. lebih memperketat peredaran formula-formula yang berbahaya seperti formalin dan borak yang saat ini sangat mudah didapatkan para pedagang nakal. Mungkin juga bisa dengan melakukan pengawasan ketat untuk setiap jajanan yang beredar dimasyarakat.

Ingatkan lagi pada masyarakat untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Mulai dengan menjaga makanan, berolahraga, menanam pohon untuk penghijauan, membuang sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan lingkungan, dan mengajarkan hal-hal yang sehat kepada anak-anak kita.

Bila kita sudah menjaga dengan baik kesehatan kita, akan sepi rumah sakit dari orang-orang yang sakit, mungkin juga tidak akan ramai lagi perdebatan-perdebatan tentang bpjs, karena sudah tidak dibutuhkan lagi..

Betapa banayknya manfaat jika kita mau menjaga kesehatan tubuh kita sejak dini, tanpa harus menunggu sakit dan berobat berkali-kali kerumah sakit. Semua bisa kita mulai dari organisasi terkecil didunia, yaitu keluarga. Berikan pembiasaan-pembiasaan yang baik untuk keluarga kecil kita..

  • Tidur malam 6-9 jam
  • Minum air putih 2 liter perhari
  • Makan makanan yang bergizi
  • Menghindari makanan yang tidak jelas kandungannya
  • Rutin berolahraga
  • Menjaga kesehatan tubuh
  • Menjaga kebersihan lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan
  • Dan masih banyak lagi pembiasaan-pembiasaan sehat yang bisa kita terapkam pada diri sendiri juga keluarga kita.

Ajarkan anak untuk mencintai lingkungannya, mensyukuri kesehatannya.. Latih diri dan pikirannya untuk mencintai kesehatannya. Anak-anak adalah generasi penerus bangsa ini, jangan biarkan bocak-bocah kecil itu dirusak kesehatannya baik secara fisik maupun pikiran. Penanaman diri yang salah, asupan makanan yang sembarangan, hanya akan menghancurkan generasi muda kita.

Buatlah anak merasakan nikmatnya sehat. 

Bantu anak-anak kita tumbuh dan berkembang dengan baik, jangan ada lagi racun-racun didalam jajanan anak-anak kita, minimal biasakan anak untuk membawa bekal makanan dari rumah setiap kali keluar rumah.

Menjaga kesehatan itu sebenernya mudah dan murah, tapi kita sudah sakit akan banyak harga yang harus dibayarkan. Maka, jadilah manusia yang sehat secara fisik maupun pemikiran.

Artikel lainnya »